Jumat, 17 Desember 2010

Cara Ampuh Dapatkan Tidur Nyenyak

Sehari, tubuh Anda membutuhkan tidur selama delapan jam. Ini bertujuan untuk memulihkan tenaga setelah melakukan aktivitas. Selain itu, untuk menyegarkan kembali badan Anda agar semua organ tubuh selalu berfungsi prima.

Bila Anda sampai kekurangan tidur, hal ini akan berpengaruh pada kesehatan. Menurut para ahli kesehatan, dikutip dari Health, tubuh yang kurang istirahat akan menyebabkan perasaan gelisah, depresi, bahkan mempengaruhi konsentrasi.

Masalahnya, terkadang, untuk mendapatkan tidur selama delapan jam sehari, sulit karena kebiasaan atau karena banyaknya persoalan hidup. Tapi, jika Anda benar-benar ingin memiliki waktu istirahat yang nyaman cukup, Anda bisa mencoba tips-tips berikut ini;

- Buat rutinitas tidur yang teratur

Anda dapat mengatur siklus alami tubuh Anda sendiri dengan menciptakan rutinitas tidur dan bangun tidur. Atur jadwal tidur. Ikuti dengan konsisten.

- Pastikan tempat tidur nyaman

Jika Anda selama ini setiap kali bangun tidur badan terasa pegal dan sakit, lebih baik periksa kembali kasur dan bantal Anda. Kenyamanan tempat tidur juga ikut membantu Anda mendapatkan tidur yang cukup.

- Jangan kebanyakan minum air di malam hari

- Hindari alkohol

- Jangan merokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mengganggu sistem otak Anda dan ini bisa merusak pola tidur.

- Putar musik yang lembut

- Lakukan peregangan otot

- Bangun di waktu yang sama setiap hari

- Jangan minum minuman berkafein

Kafein, terutama dalam minuman kopi, the, dan atau minuman ringan lainnya, akan merangsang Anda tetap bangun. Jadi, sebaiknya hindari jika Anda ingin mendapatkan tidur yang baik.

- Yoga ringan

Baik juga kalau Anda bisa melakukan yoga atau bentuk relaksasi lainnya untuk membantu mengurangi stres. Ini akan membuat pikiran Anda tenang sehingga bisa cepat tidur.